Blusukan Diwarga STS Kembali Sosialisasikan 50Juta Per RT

Eng Ing Eng – Calon Wakil Walikota Bogor Sugeng Teguh Santoso menyambangi Kampung Pulo Geulis Kelurahan Lebak Pasar, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (20/01/17).

Setibanya dilokasi pemukiman warga padat penduduk tersebut, STS sapaan akrabnya Calon Walikota itu di sambut hangat warga yang notabenenya para ibu.

Dengan kesederhanaan yang menjadi khasnya, advokat senior itu memperkenalkan diri. Nampak suasana keakraban tanpa ada jarak antara STS dan semua warga yang kumpul dalam kunjungannya.

Dihadapan warga, STS memaparkan programnya yang akan direalisasikan jika nanti menjadi Wakil Walikota Bogor. Sejahtera Bersama Masyarakat (Setara) merupakan salah satu program dari sekian banyak program STS yang pro rakyat.

Dalam interaksinya, STS mempertanyakan mayoritas profesi para suami ibu-ibu yang hadir, bagaimana peran pemerintah untuk rakyat dan dia juga menampung semua aspirasi yang dikeluhkan warga.

“Disini jalan sudah bagus, siapa yang mengerjakan, lalu apakah disini masih ada rumah warga yang tidak layak huni,” kata STS yang langsung di jawab warga.

“Ini jalan yang membangun kontraktor pak, kami hanya menonton saja, disini juga masih banyak rumah warga yang tidak layak huni (RTLH) pak,” kata salah satu warga.

Masih kata warga, dirinya sudah mengajukan bantuan untuk RTLH sejak tiga tahun lalu, sudah sering juga di survei namun hingga saat ini tidak ada realisasinya.

“Geus tilu tahun ngajukeun bantuan RTLH mah pak, petugas datang sababarakali, moto-moto weh bulak balik, nepika ayeuna turun bantuan mah henteu. (Sudah tiga tahun mengajukan bantuan RTLH, petugas datang cuma moto-moto tapi hingga saat ini tidak dibantu-red),” cetus salah satu ibu dengan basa sunda.

Menjawab berbagai aduan warga tersebut, STS memaparkan program Setara yakni setiap tahun akan memberikan bantuan Rp50 juta untuk setiap RT.

Dana tersebut 60 persen untuk infratsruktur seperti RTLH, Musolah atau Posyandu, 20 persen untuk peningkatan ekomomi warga melalui perguliran simpan pinjam untuk modal usaha dan 20 persen untuk kegiatan sosial seperti karang taruna, atau biaya pengobatan warga yang sakit.

“Nanti pengerjaan jalan seperti ini tidak lagi dikerjakan oleh kontraktor, tapi langsung dikerjakan masyarakat. Kalau dikerjakan masyarakat kerjaanya akan bagus tidak akan ada korupsi, jadi warga dapat uangnya dan yang menganggur juga bisa bekerja,” kata STS

Untuk bantuan RTLH lanjut STS nanti tidak usah ribet lagi mengajukan dan nunggu sampai tiga tahun, nanti RT cukup mendata lalu di bangunkan dengan dana dari program setara.

Sementara untuk meningkatkan ekonomi warga lanjut STS Rp10 juta dari program tersebut bisa digulirkan melalui pinjaman, misalnya buat dagang atau pengrajin dan sebagian dana bisa diposkan untuk kas RT yang bida digunakan untuk kegiatan sosial misalnya maulid, warga sakit mendadak naik angkot atau karang taruna membuat kegiatan olahraga dan lainnya.

Sebagai langkah antisipasi adanya penyalahgunaan anggaran, kedepan Bantuan RT akan dipayungi oleh perwali. Makanya RT harus membuat kepengurusan, buka rekening dan untuk pembekalan wawasan ada pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek).

“Program saya itu pemerintah harus memprioritaskan bahwa masyarakat sejahtera,” pungkasnya.

Seperti diketahui STS diusung PKB untuk mendampingi kader terbaik PDI P Dadang Iskandar Danubrata yang mengusung tagline Bogor Bersih Dari Korupsi dan siap bertarung di Pilwalkot Bogor 2018 mendatang

Sumber : https://engingengnews.com/paparkan-program-setara-sts-berinteraksi-dengan-warga-lebak-pasar/